tutup

Selain sertifikasi tekstil, STANDARD 100 menawarkan kemungkinan untuk juga menyertifikasi alas kaki, tekstil berbahan katun organik atau material daur ulang, dan juga produk-produk dengan persyaratan-persyaratan yang spesifik seperti APD, artikel khusus.

Sertifikasi STANDARD 100 untuk katun organik

Jika Anda ingin mendaftarkan artikel berbahan katun organik dengan klaim seperti “organik” atau “dibuat dari katun yang ditanam secara organik” pada sertifikat STANDARD 100 Anda, produk Anda harus menjalani uji laboratorium tambahan untuk memastikan bahwa produk tidak mengandung organisme termodifikasi secara genetika (GMO).

Pendeteksian GMO membangun kepercayaan diri untuk pelanggan dan konsumen Anda dengan memberikan bukti yang independen bahwa produk katun organik Anda benar-benar memuat apa yang mereka klaim - kualitas organik asli.

Pengecekan tambahan untuk organisme termodifikasi secara genetika mungkin dilakukan untuk material berbahan katun organik 100% dan juga campuran dari katun organik dengan material lainnya. Akan tetapi, campuran dari katun yang ditanam secara organik dan konvensional tidak diperkenankan untuk menjalani uji GMO.

Jika diminta, pendeteksian GMO di dalam sertifikasi STANDAR 100 tentu saja juga tersedia untuk artikel Anda yang dibuat secara eksklusif dari katun yang ditanam secara konvensional.

Rincian persyaratan

  • Komponen organik
    Seluruh material komponen utama yang sudah tersertifikasi berbahan katun harus juga memuat istilah “organik” di dalam cakupannya. Aksesori / bahan pelengkap lainnya dikecualikan.
  • Sertifikat asal
    Sertifikat asal organik yang sah harus dikirimkan bersama aplikasi untuk sertifikat STANDARD 100 by OEKO-TEX®.
  • Pengujian GMO
    Hasil pendeteksian GMO negatif selain program pengujian reguler untuk STANDARD 100 by OEKO-TEX®.

Sertifikasi material daur ulang STANDARD 100

Jika Anda ingin menyatakan pada sertifikat STANDARD 100 Anda bahwa produk Anda terbuat dari material daur ulang, persyaratan tambahan akan dikenakan untuk sertifikasi. Hal ini dikarenakan tekstil daur ulang menghadapi tantangan jaminan mutu dan keterlacakan yang berbeda dibandingkan material murni karena masa hidup mereka sebelumnya.

Sebuah Hangtag tersedia untuk untuk memberitahukan material daur ulang di dalam produk bersertifikat STANDARD 100 by OEKO-TEX®. Pemilik sertifikat dapat mengunduh versi yang sesuai dari portal myOEKO-TEX®.

Rincian persyaratan

  • Setidaknya 20% dari material tekstil pokok harus didaur ulang.
  • Informasi latar belakang tambahan mengenai asal dari material diperlukan di dalam aplikasi.
  • Sertifikat asal atau validasi mengenai klaim material daur ulang apa pun harus dikirimkan oleh pemohon.
  • Karena tidak ada tes laboratorium untuk memeriksa apakah material tersebut merupakan daur ulang atau bukan, program pengujian mungkin berbeda dibandingkan dengan material murni. Perbedaannya, pada material murni dimungkinkan untuk penambahan frekuensi pengujian.
  • Material daur ulang dan material murni tidak dapat didaftarkan dalam sertifikat yang sama.
  • Campuran dengan material murni diperbolehkan apabila bahan tersebut diperlukan untuk produksi.

Sertifikasi STARDARD 100 untuk APD dan Artikel Khusus

Pengeluaran sertifikat STANDARD 100 by OEKO-TEX®  memungkinkan juga untuk beberapa produk yang tidak tercakup oleh sertifikasi STANDARD 100 yang klasik karena sifat fungsional khusus dari materialnya atau komposisinya.

Suplemen untuk APD

Alat Pelindung Diri (APD) dan Bahan baku untuk suplemen APD untuk STANDARD 100 by OEKO-TEX® mencakup sertifikasi dari (barang jadi dan komponen dari) baju pelindung untuk pemadam kebakaran, baju tahan air atau baju pelindung bahan kimia, garmen militer tertentu, dan seragam yang setara dengan APD, dll. Pengecualian untuk APD dan material APD (misalnya NMP, Pigmen Violet 23 dan PFOA) terkait pada persyaratan khusus dari segmen pasar ini.

Suplemen untuk Artikel Khusus

Suplemen Artikel Khusus untuk STANDARD 100 by OEKO-TEX® menjamin sertifikasi dari produk-produk kompleks dengan persyaratan yang berbeda berdasarkan konstruksi, teknologi, atau fungsi. Hal itu berlaku hanya pada produk barang jadi / produk akhir, termasuk kereta bayi, koper, ransel, perangkat ortopedi, topi, tenda, perlengkapan tirai, kasur, beberapa mainan, alat bersih-bersih, kursi, sofa, dll.

Sertifikasi STANDARD 100 untuk alas kaki

Selain tekstil, kami juga menguji alas kaki (sebagai artikel dagangan jadi) dan komponen tersendiri untuk produksi dari alas kaki untuk Anda berdasarkan STANDARD 100 by OEKO-TEX® untuk zat yang berbahaya. Sebagai sebuah merek, peritel, atau pemasok, Anda mendapatkan manfaat dari sertifikasi STARDARD 100 dalam dua cara:

  • Resiko pasar yang rendah berkat kepatuhan dengan persyaratan hukum
    Sertifikat STANDARD 100 hanya diberikan jika seluruh komponen mengikuti semua persyaratan dari RSL STANDARD 100. Dalam kasus alas kaki, hal ini khususnya bersifat penting karena hal itu terdiri dari banyak komponen tersendiri yang berbeda-beda yang menunjukkan potensi sumber masuknya zat berbahaya.
  • Transparansi, keterlacakan dan biaya bersama
    STANDARD 100 adalah sistem modular yang langsung mengenali material sumber komponen yang bersertifikasi pada tahap selanjutnya dari produksi tanpa perlu menguji lagi secara laboratorium. Hal ini menyebarkan biaya sertifikasi di antara perusahaan yang terlibat. Ketika menggunakan komponen bersertifikasi STANDARD 100, Anda dapat melacak sumbernya secara transparan dan sekaligus memastikan bahwa sepatu Anda memenuhi semua persyaratan pasar bahkan sebelum Anda merancang produk Anda. 


DETAIL LEBIH LANJUT MENGENAI STANDARD 100 UNTUK ALAS KAKI

Sertifikasi STANDARD 100 berdasarkan Aneks 6/7

Umumnya, sertifikasi produk berdasarkan STANDARD 100 by OEKO-TEX® dilakukan sejalan dengan kriteria uji dan nilai batas yang tertulis di Aneks 4/5 mengenai standar, yang mana diperbarui setiap satu tahun sekali. Terutama untuk perusahaan yang berkomitmen diri untuk tujuan-tujuan kampanye Greenpeace Detox, OEKO-TEX® menawarkan daftar kriteria yang diperluas, persyaratan-persyaratan yang mana dirangkum dalam Aneks 6/7.

Aneks 6/7 menentukan nilai batas yang lebih ketat untuk banyak parameter uji dan substansi yang harus memenuhi uji laboratorium STANDARD 100. Hanya saja, nilai batasan yang lebih ketat ini tidak berlaku untuk alasan ekologi manusia, melainkan bertujuan untuk mencapai peningkatan kinerja lingkungan di dalam produksi tekstil dalam artian kampanye Detox.

Penggunaan produk kimia aktif (ACP) dalam sertifikasi STANDARD 100

STANDARD 100 dari OEKO-TEX® umumnya tidak menyertakan penggunaan produk kimia aktif (ACP) seperti zat yang aktif secara biologis atau zat tahan api untuk produk yang disertifikasi. Namun, pada beberapa tekstil seperti Alat Pelindung Diri, penggunaan ACP tak dapat dihindari. Dalam kasus ini, ACP mungkin digunakan, dengan ketentuan bahwa mereka dinilai oleh ahli toksikologi independen sebagai tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Persyaratan lainnya adalah ACP harus digunakan secara ketat sebagaimana mestinya dan memenuhi undang-undang Uni Eropa terkini.

Jika penemuan saintifik yang baru mempertanyakan keamanan dari substansi terkait kesehatan, OEKO-TEX® berhak untuk mencabut ACP yang dipertanyakan dari daftar produk yang diperbolehkan.

ACP yang diperbolehkan oleh OEKO-TEX® saat ini: