tutup

Apa itu LEATHER STANDARD?

LEATHER STANDARD by OEKO-TEX® adalah sistem pengujian dan sertifikasi untuk produk-produk kulit  dengan standar global dan independen di semua tingkat pemrosesan, berikut bahan-bahan pelengkap lainnya. Sertifikasi LEATHER STANDARD menyediakan dukungan akan pengelolaan produk yang terarah untuk perusahaan di dalam rantai bahan kulit dengan keamanan produk pada ekologi manusia, berdasarkan daftar kriteria yang saintifik dan uji laboratorium yang netral. Untuk para konsumen dan pembeli, label produk LEATHER STANDARD merupakan bukti yang dapat diandalkan bahwa produk tersebut telah teruji sesuai dengan standar global yang ketat agar terlindung dari zat-zat berbahaya.

Bersama dengan sertifikasi STeP by OEKO-TEX® untuk fasilitas produksi yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial, LEATHER STANDARD mendasari akan pemberian ijin pelabelan MADE IN GREEN by OEKO-TEX® untuk artikel-artikel kulit.

LEATHER STANDARD – DAFTAR SEKARANG

Spesifikasi lebih lanjut

Konsep dari pengujian LEATHER STANDARD by OEKO-TEX® terhadap zat-zat berbahaya berdasarkan pada sistem yang modular. Ini artinya bahwa sertifikasi tersedia untuk setiap tahapan pada rantai pembuatan nilai produk kulit, dan sertifikat-sertifikat dari tahapan sebelumnya diakui pada tahap berikutnya dari pemrosesan tanpa perlu pengujian lebih lanjut. 

Sertifikat dan label LEATHER STANDARD hanya diterbitkan jika semua komponen dari artikel berhasil mematuhi kriteria yang disebutkan, termasuk tak hanya kain luaran, tetapi juga semua benang jahit, furing, atau pelapis, juga aksesori seperti kancing atau ritsleting.

Pengujian LEATHER STANDARD terhadap zat-zat berbahaya didasarkan pada fungsi produk tersebut. Semakin intensif kontak dengan kulit dan semakin sensitif keadaan kulit, makin ketat pula persyaratan ekologi manusia yang diberlakukan. Karena itulah, LEATHER STANDARD membedakan antara empat kelas produk:

  • Produk kelas I:
    Item kulit dan bahan baku untuk bayi dan balita hingga usia tiga tahun: pakaian berbahan kulit, sarung tangan kulit, selimut bayi dari kulit domba, bulu, dan lain-lain
  • Produk kelas II:
    Produk yang digunakan secara langsung dengan kulit: celana panjang/jaket kulit, sarung tangan kulit, topi kulit, dan lain-lain
  • Produk kelas III:
    Produk yang digunakan secara tak langsung dengan kulit: jaket/mantel kulit berfuring, tas kulit, ikat pinggang kulit, dan lain-lain
  • Produk kelas IV:
    Bahan baka furnitur: penutup jok, dan lain-lain

    Apakah Anda tahu bahwa kami juga menyertifikasi alas kaki berdasarkan LEATHER STANDARD untuk Anda?

    DETAIL LEBIH LANJUT

    Bagaimana bisa LEATHER STANDARD bisa membantu Anda?

    Dengan sertifikasi LEATHER STANDARD, Anda memastikan kepatuhan hukum dari produk-produk Anda di semua pasar konsumen yang penting. Di waktu yang sama, label produk LEATHER STANDARD memberikan Anda sarana yang ideal untuk pemasaran tekstil, karena sangat diakui dan dikenali secara global. Satu lagi yang tidak kalah penting, LEATHER STANDARD menyederhanakan dan melancarkan hubungan pemasok dengan para produsen dan peritel yang ingin memastikan keamanan produk untuk konsumen mereka.

    Fakta-fakta dasar

    Validitas

    Sertifikat LEATHER STANDARD berlaku selama 12 bulan dan dapat diperbarui setiap tahun. Kami menyarankan untuk memulai proses pembaruan hingga tiga bulan sebelum masa berlaku habis untuk memastikan keamanan produk yang terus-menerus dan proses yang lancar di sepanjang sistem modular OEKO-TEX®. Banyak sertifikasi akhir yang bergantung pada komponen pra-sertifikasi dari para pemasok.

    Target grup

    Setiap produsen atau pengecer bahan kulit atau barang jadi - dari tahap pemrosesan - hingga seluruh rantai nilai.

    Kriteria / Persyaratan

    Katalog kriteria LEATHER STANDARD by OEKO-TEX® memuat berbagai macam parameter pengujian dan diperbarui setiap tahun, berdasarkan penemuan saintifik terbaru, perubahan pada prakarsa industri, dan perkembangan pasar.

    Dalam banyak kasus, kriteria tes dan batas nilai jauh dari persyaratan-persyaratan hukum. Penyertaan sejumlah tambahan zat-zat berbahaya yang potensial sangat menggambarkan peran pelopor bahwa LEATHER STANDARD telah berperan cukup lama.

    Uji laboratorium LEATHER STANDARD terhadap zat-zat berbahaya meliputi:

    • Zat-zat yang dilarang dan diatur oleh hukum
    • Bahan kimia yang diketahui berbahaya untuk kesehatan tetapi belum diatur oleh hukum
    • Zat-zat yang dipercaya berbahaya bagi kesehatan

    Proses sertifikasi

    • Aplikasi
      Pemohon melengkapi formulir aplikasi dan menyediakan sampel produk perwakilan untuk diuji.
    • Pengujian
      Kami membuat rencana pengujian individual untuk permohonan aplikasi Anda, menguji sampel yang disediakan di laboratorium kami dan mengirimi Anda laporan uji yang terperinci.
    • Pernyataan Kepatuhan / Sistem Jaminan Kualitas
      Jika kiriman sampel produk Anda memenuhi kriteria LEATHER STANDARD yang diperlukan, Anda harus menandatangani pernyataan kepatuhan bahwa produk dari produksi Anda yang sekarang sesuai dengan material sampel yang diuji. Sebagai tambahan, Anda harus menyediakan bukti bahwa Anda memiliki sistem jaminan kualitas yang diterapkan yang memastikan kualitas ekologi manusia dari produk tersebut disemua ketentuan sertifikat yang diterbitkan.
    • Audit di tempat
      Selama dilakukan audit di tempat di lokasi Anda, ahli OEKO-TEX® kami akan mengonfirmasi semua rincian sertifikasi. Audit mungkin dilakukan sebelum atau tak lama setelah sertifikasi selesai.
    • Sertifikat
      Kami akan menerbitkan sertifikat pada Anda yang akan mengizinkan Anda untuk menandai dan mengiklankan produk Anda dengan label LEATHER STANDARD.

    Aplikasi LEATHER STANDARD

    DAFTAR SEKARANG

    Keuntungan Anda dalam sekilas

    • LEATHER STANDARD merupakan alat praktis untuk jaminan kualitas Anda.
    • Perlindungan konsumen dengan produk kulit yang aman untuk ekologi manusia dan mematuhi hukum – tanpa pengeluaran sumber daya internal.
    • Daftar kriteria OEKO-TEX® diterapkan secara konsisten di seluruh dunia dan menyediakan persyaratan untuk pembelian dan pengiriman, sekaligus menyederhanakan dan memperlancar aliran informasi.
    • Prinsip modular dari LEATHER STANDARD memfasilitasi pengujian dan sertifikasi dari item kulit di setiap tahapan pemrosesan. Penggandaan biaya uji menjadi terhindari dengan menggunakan sertifikat dari tahapan sebelumnya – bahkan untuk produk-produk dengan struktur yang kompleks.
    • Transparansi yang makin besar meningkatkan keamanan produk, khususnya untuk perusahaan dengan siklus produksi yang sangat pendek dan sistem jaminan kualitas internal yang mahal, serta menyediakan penghematan waktu yang signifikan.
    • Sebagai label yang diverifikasi pihak ketiga, LEATHER STANDARD merupakan alat pemasaran yang diakui dan secara transparan mendorong upaya pengelolaan produk.
    • Banyak peritel dan merek-merek dagang memiliki Daftar Zat-zat Terlarang (RSL) berdasarkan LEATHER STANDARD dan menerima sertifikasi sebagai pengganti dari pengujian tambahan.
    • Peluang pemasaran dalam Panduan Pembelian OEKO-TEX® dan pencantuman eksternal seperti Texbase CertLink dan Foursource.

    Unduh